Sabtu, 1 November 2014. Graha Bumi Mandiri Surabaya.

Himpunan Mahasiswa Manajemen UNUSA periode kepengurusan 2014-2015 telah melaksanakan salah satu program kerja, yaitu Seminar dengan tema ” Menembus Pasar Perbankan Syariah” yang dihadirioleh para mahasiswa di Surabaya dari berbagai program studi.

Bank adalah suatu lembaga yang menghimpun dana masyarakat untuk dikelola, dalam literatur Islam istilah ini tidak dikenal dengan nama Bank melainkan Baitul Tanwil atau Baitul Mal, dalam dewasa ini dikenal dengan Bank Syariah. Berdasarkan tujuannya, bank syariah berbeda dengan bank konvesional atau bank umum. Jika tujuan pada bank umum adalah hanya pada keuntungan, pada bank syariah tujuannya tidak hanya keuntungan tapi juga melihat dari aspek sosial ekonomi.

Bank syariah kini sudah mulai mengepakkan sayapnya, saat ekonomi global mulai menghantam, karena sistem pada perbankan syariah bisa dikatakan stabil karena menggunakan sistem bagi hasil yang tidak berpengaruh oleh BI rate. Namun sayangnya istilah dan produk bank syariah masih terbilang awam bagi masyarakat, sehingga perlu adanya edukasi untuk memberikan pemahaman tentang kelebihan dari bank syariah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *